1 KORINTUS 15: 42-45


Demikian pula halnya dengan kebangkitan orang mati. Ditaburkan dalam kebinasaan, dibangkitkan dalam ketidakbinasaan.

Ditaburkan dalam kehinaan, dibangkitkan dalam kemuliaan. Ditaburkan dalam kelemahan, dibangkitkan dalam kekuatan.

Yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah. Jika ada tubuh alamiah, maka ada pula tubuh rohaniah.

Seperti ada tertulis:"Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.
1 Korintus 15: 42-45

Sabtu, 13 September 2014

( Bab 10 ) NAMA-NAMA ALLAH PENEBUS KITA


10
Nama-Nama Allah Penebus Kita

Allah kita mempunyai tujuh nama dalam kaitan dengan penebusan-Nya.
Ke-tujuh nama Allah tersebut mencerminkan tujuh hal yang dilakukan-Nya atas hidup kita. Ada tujuh hal yang termasuk di dalam penebusan Kristus.
• Jehovah-Jireh: "TUHAN akan MENYEDIAKAN" suatu korban
(Kejadian 22:13-14). Kristus adalah korban yang disediakan Allah untuk menebus dosa-dosa kita.

• Jehovah Shalom: "TUHAN adalah DAMAIKU" (Hakim-hakim 6:24; yang di dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai "Tuhan adalah Keselamatanku"). Karena penebusan Kristus maka kita memperoleh hidup yang penuh damai dengan Allah.
• Jehovah Shammah: "TUHAN selalu HADIR" (Yehezkiel 48:35). Karena penebusan Kristus, maka kita dapat selalu tinggal di dalam hadirat Tuhan.
• Jehovah Ra-ah: "TUHAN adalah GEMBALAKU" (Mazmur 23:1). Kristus menjadi gembala bagi kita dengan memberikan nyawa-Nya kepada kita.

• Jehovah NISSI: "TUHAN adalah PANJI KEMENANGANKU" (Keluaran 17:15). Kristus menjadi panji kemenangan kita dengan menghancurkan pekerjaan-pekerjaan iblis.

• Jehovah Tsidkenu: "TUHAN adalah KEBENARANKU" (Yeremia 23:6). Kristus membuat kita benar dengan penebusan-Nya yang sempurna.

• Jehovah Rapha: "ALLAH PENYEMBUHKU" (Keluaran 15:26). Kristus menjadi penyembuh kita dengan korban penebusan-Nya. "Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita."

Penebusan Yesus Kristus menyangkut tujuh hal yang tidak dapat dipisahkan. Ia menebus kita supaya kita memperoleh: Korban yang sempurna, kebenaran, damai sejahtera, hadirat Allah, penggembalaan, kemenangan, dan kesembuhan.

Jehovah Rapha Adalah Untuk Sekarang
Jehovah Rapha adalah untuk masa sekarang dan bukan untuk masa yang dahulu atau masa yang akan datang. Mengapa? Perjanjian Yang Tuhan buat dengan kita (orang percaya) adalah bahwa apabila kita beribadah kepada TUHAN, maka Ia menjadi Jehovah Rapha bagi kita. Kapankah kita beribadah? Selama kita beribadah, selama itu pula Jehovah Rapha berlaku bagi kita. Ada orang yang percaya bahwa kesembuhan adalah untuk di Surga. Percuma! Di Surga nanti, tidak ada lagi penyakit. Untuk apakah kita memerlukan kesembuhan. Beribadahlah sekarang, karena ibadah kita mengandung janji.
1Timotius 4:7-8

Jadilah seorang pelayan Kristus Yesus yang baik
Dengan selalu mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara kita, engkau akan menjadi seorang pelayan Kristus Yesus yang baik, terdidik dalam soal-soal pokok iman kita dan dalam ajaran sehat yang telah kauikuti selama ini. Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang. 1Timotius 4:6-8


Kuduskan Dan Gunakan Nama Yesus
Walaupun di dalam nama Tuhan terdapat janji kesembuhan yang begitu hebat, mengapa banyak orang Kristen tidak mengalami kuasa nama tersebut? Persoalannya terletak pada seberapa kesungguhan kita Menguduskan nama TUHAN. Apakah artinya menguduskan Jehovah - Rapha? Artinya kita tidak menghina nama itu, tidak meragukan nama itu ataupun mempermainkan nama itu. Apabila kita meragukannya, berarti kita tidak menghormati (menguduskan) nama itu.

Kita juga harus menggunakannya dengan iman. Pada saat kita menggunakan nama tersebut dengan iman, maka kita telah menyenangkan Tuhan. Kesembuhannya pun akan terjadi. Nama Yesus adalah nama yang ajaib. Di dalam nama itu, ada kuasa pelepasan, kesembuhan dan mujizat.

Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: meraka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.
Markus 16:17-18

Itulah sebabnya, pada gereja mula-mula nama Yesus sangat dilarang untuk disebut oleh orang-orang Yahudi (Kisah Para Rasul 4:17-18). Mereka sangat takut karena di dalam nama itu, ada kuasa yang ajaib.
Petrus berkata, "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlahlah!”
Kisah Para Rasul 3:6



Tidak ada komentar:

Posting Komentar