1 KORINTUS 15: 42-45


Demikian pula halnya dengan kebangkitan orang mati. Ditaburkan dalam kebinasaan, dibangkitkan dalam ketidakbinasaan.

Ditaburkan dalam kehinaan, dibangkitkan dalam kemuliaan. Ditaburkan dalam kelemahan, dibangkitkan dalam kekuatan.

Yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah. Jika ada tubuh alamiah, maka ada pula tubuh rohaniah.

Seperti ada tertulis:"Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.
1 Korintus 15: 42-45

Kamis, 04 September 2014

(Bab 3 ) KEBANGKITAN MELIPUTI TIGA TAHAP

3
Kebangkitan Meliputi Tiga Tahap



Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus. Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah Sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya. kemudian tiba kesudahannya, yaitu bilamana Ia menyerahkan kerajaan pada Allah Bapa, sesudah Ia membinasakan segala pemerintahan, kekuasaan dan kekuatan.
1 Korintus 15:22-24

Kebangkitan tahap pertama
Tuhan Yesus yang pertama bangkit.

Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung
Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. Sebab sama seperti maut datang karena (dosa)satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena(kebenaran) satu orang manusia.
1 Korintus 15:20-21

Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati


Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebuh utama dalam segala sesuatu. Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri- Nya, baik yang di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. Kolose 1:18-20

Orang-orang kudus dibangkitkan pada waktu kebangkitan Tuhan Yesus
Dan lihatlah, Tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai kebawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah, dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal bangkit. Dan sesudah kebangkitan Yesus, mereka pun keluar dari kubur, lalu masuk ke kota kudus dan menampakkan diri kepada banyak orang. Matius 27:51-53

Kebangkitan tahap kedua

Pada waktu kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali

Yesus akan datang kembali
“….Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”
Kisah Para Rasul 1:11b

Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi
Demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka yang menantikan Dia. Ibrani 9:28

Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.
Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat di mana Aku berada, kamu pun berada. Yonanes 14:3

Yesus Kristus akan datang kembali dan akan membawa kita ke tempat di mana Dia berada, kita pun berada bersama-sama dengan Dia.

Yang harus Kita diketahui mengenai kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali ialah:

Tidak ada seorang pun yang tahu hari kedatangan-Nya.
Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, Malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak Manusia pun tidak, hanya Bapa sendiri.

Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya. Matius 24:36,23

Kita hanya mengetahui tanda-tanda kedatangan-Nya (Matius 24:29-31)
Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan Sendiri akan turun dari Surga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. 1Tesalonika 4:16-17

Sesungguhnya Aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata, pada waktu bunyi Nafiri yang terakhir. Sebab Nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.
I Korintus 15:51-52

Pada waktu kedatangan Tuhan Yesus kembali tubuh dari orang-orang benar yang telah meninggal akan dibangkitkan kembali dan orang benar yang masih hidup tubuhnya akan di rubah dan di angkat untuk menetap bersama-sama dengan Tuhan.

Kebangkitan tahap ketiga

Kebangkitan semua orang untuk dihakimi dan dihukum

(1). Sesudah kebangkitan orang-orang benar pada kedatangan kembali Tuhan Yesus ada masa Kerajaan seribu tahun di mana Tuhan Yesus dan orang-orang kudus-Nya memerintah.
Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya. Wahyu 20:6

(2). Orang-orang yang berdosa semuanya akan dibangkitkan sesudah berakhirnya Kerajaan seribu tahun.
Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Wahyu 20:5

Hukuman yang terakhir

Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya.

Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.

Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.

Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu. Wahyu 20:11-15

Setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan, ia dilemparkan ke dalam lautan api.Berdosa kepada Tuhan, sungguh berdampak yang sangat mengerikan, api neraka!

(3). Setan dan malaikat-malaikatnya dilemparkan ke dalam lautan api untuk di hukum sampai selama-lamanya pada akhir Kerajaan seribu tahun.
Dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya. Wahyu 20:10








Tidak ada komentar:

Posting Komentar